Melawan Radikalisme dan Memperkuat Rasa Toleransi: PK PMII Sunan Kalijaga Gelar Madrasah Aswaja di Gedung KNPI Kota Malang

  • Share
MADRASAH ASWAJA PMII UM
MADRASAH ASWAJA PMII UM

PK PMII Sunan Kalijaga Universitas Negeri Malang. Madrasah Aswaja merupakan kegiatan PK PMII Sunan Kalijaga yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota maupun kader PMII di Universitas Negeri Malang dalam ranah ukhuwah islamiyah serta perilaku yang sesuai dengan syariat islam. Hal tersebut dimulai dari lingkup terkecil seorang anggota dan kader, yakni keluarga dan masyarakat.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bidang Keagamaan PK PMII Sunan Kalijaga ini, bertemakan “Revitalisasi Nilai-nilai Aswaja dalam Arah Pergerakan PMII”. Kegiatan Madrasah Aswaja ini dilaksanakan di Gedung KNPI Kota Malang, tepatnya pada tanggal 23 Mei 2024. Kegiatan ini sukses diikuti dengan total 34 peserta dari internal maupun eksternal PMII Liga UM.

“Saya berharap melalui kegiatan madrasah aswaja ini dapat memberikan pemahaman yang bermakna, memberikan manfaat, sebagai refleksi diri menjadi pribadi yang lebih baik serta meningkatkan solidaritas kita sebagai kader PMII untuk senantiasa mengamalkan Aswaja dalam kehidupan sehari-hari” ujar Sahabat Muhammad Fatihul Huda Ketua Pelaksana, Kamis (23/5/2024)

 

MA2 1

Penyampaian Stadium General

Rangkaian kegiatan madrasah aswaja dimulai dengan penampilan hadrah, pembukaan oleh master of ceremony, pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars PMII dan yalal wathon, sambutan ketua pelaksana, stadium general oleh Bapak Dedi Prestiadi, M.Pd, kemudian penyampaian materi sejarah aqidah oleh Bapak Ahsani Fathurrohman, diskusi dengan fasilitator sejarah aqidah, ishoma, penyampaian materi akhlak dan tasawwuf oleh Bapak Mohammad Ahsanudin, S.Pd., M.Pd, focus group discussion dengan fasilitator materi akhlak dan tasawwuf, ishoma, penyampaian materi harakah oleh Bapak Mochammad Sa’id, S.Psi., M.Si, focus group discussion dengan fasilitator materi harakah, ishoma, pembacaan yasin dan tahlil bersama, dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua komisariat, penmberian hadiah kepada peserta terbaik yaitu Sahabat Muhammad Bahy Haidar Royid dari Rayon Al-Maturudi sebagai peserta putra terbaik dan Sahabati Istiqomah Nurrosifa dari Rayon Ibnu Sina sebagai peserta putri terbaik, selanjutnya pembacaan doa dan penutupan acara oleh master of ceremony.

MA1

Penyerahan Hadiah Peserta Terbaik

“Setelah mengikuti madrasah aswaja hari ini saya berharap sahabat/I kader PMII dapat mentransformasikan nilai-nilai aswaja dan mensyiarkan Islam di keseharian kampus” ujar Sahabat Mohammad Jazil Saidan Ketua Komisariat Sunan Kalijaga, Kamis (23/5/2024).

MA

Focus Group Discussion Peserta Madrasah Aswaja

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *