Kantor Komisariat PMII Sunan Kalijaga Kota Malang

Analisis Kondisi Pergerakan

Berikut merupakan sebuah tulisan lama yang dimuat pada akun website resmi http://pmiisunankalijagamalang.blogspot.com pada tahun 2011. Tulisan ini merupakan salah satu bentuk analisis sosial tentang kondisi PMII pada saat itu. Adapun analisis tersebut :

1. Kekuatan
a) Sebagai organisasi pengkaderan di ranah Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Universitas Negeri Malang yang cukup mudah dikenal oleh masyarakat, terutama masyarakat luar kampus.

b) Sebagai Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus yang memiliki sense cukup kuat terhadap aktifitas keilmuan-keagamaan, & terhadap aktifitas social yang berpenghuni di Mushalla menjadikan daya tarik tersendiri bagi kalangan mahasiswa muslim, baik yang sudah memahami islam secara kaffah ataupun bagi yang baru sebagain dalam berproses memahami islam.

c) Adanya brand image PMII Sunan Kalijaga sebagai sekumpulan orang yang berhalauan ASWAJA dalam arti mempertahankan keutuhan NKRI & menerapkan nilai-nilai islam Indonesia seiring berkembangan budaya yang berlaku dalam setiap lokus berbangsa ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mahasiswa baru.

2. Kelemahan
a) Belum adanya budaya profesionalitas di kalangan internal warga pergerakan, menjadikan ruang geraknya terbatas.

b) Belum adanya satu unit usaha sendiri yang mampu menghasilkan keuntungan, menjadikan permasalahan tersendiri dalam upaya menambah sarana & fasilitas, seperti computer, sound system, kendaraan ataupun buku-buku kepustakaan.

c) Masih lemahnya kemampuan skills manajerial kader, sehingga dalam mengawal kepentingan bersama yang sekupnya jauh lebih besar seringkali amburaduol.

d) Belum kuatnya jaringan dengan lembaga internal kampus menjadikan efek yang ditimbulkan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan kurang maximum.

3. Ancaman
a) Tingginya biaya kuliah, mengakibtkan terjadinya proses percepatan belajar mahasiswa, sehingga kebanyakan mahasiswa cendrung study oriented. Dalam arti, yang seringkali digunakan dalam menilai kesuksesan seseorang adalah hanya di ukur dari IP tinggi dengan lulus cepat. Akibatnya, kepekaan terhadap permasalahan-permasalahan social menurun. Hal ini di tandai dengan semakin sepinya ruangdiskusi mahasiswa yang sebenarnya bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran lain, terutama dalam mengasah kemampuan mahasiswa dalam hidup bermasyarakat nantinya.

b) Semakin kuatnya pengaruh gaya hidup mahasiswa yang cendrung permisif, konsumtif, & hedonis menyebabkan semakin tergerusnya nilai-nilai kebangsaan islam Indonesia.

4. Peluang
a) Memulai pembinaan sejak SMA & sederajat.
b) Melakukan upaya penyadaran terhadap masyarakat mengenai arti pentingnya pendidikan & kesehatan melalui sebuah forum diskusi kemahasiswaan dalam memperkaya wacana personality.
c) Menggalang adanya dukungan & kepercayaan dari kampus & masyarakat sekitar.


Selang 8 tahun berlalu, tentunya banyak sekali perubahan yang terjadi. Tidak sedikit permasalahan terselesaikan, namun juga ada beberapa permasalahan yang masih sama. Perlu diketahui juga bahwa mulai tahun 2017, sekretariat Komisariat PMII Sunan Kalijaga sudah berpindah ke Jl. Galunggu No. 25 B, Gading Kasri Kota Malang. Rumah kesekretarian ini bersifat permanen. Saat ini, di sekretariat kita juga telah tersedia beragam buku yang dapat dipinjam secara online melalui laman http://pmiiliga.or.id/pinjam-buku.

Perubahan apa lagi yang hendak kita lakukan?
Tangan terkepal, dan maju kemuka

Editor Redaksi

Add a Comment