Dalam politik tak ada moral. Bagiku sendiri politik adalah barang yang paling kotor, lumpur-lumpur yang kotor. Tetapi suatu saat di mana kita tak dapat menghindar diri lagi maka terjunlah. Kadang-kadang saat ini tiba, seperti revolusi dahulu. (Soe Hok Gie, Catatan Seorang Demonstran, h. 121)

MALANG. Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sunan Kalijaga (Liga) Malang akan gelar Sekolah Politik Demokrasi (SPD) di bulan Februari dan awal Maret ini.

“SPD sudah kita rapatkan. Surat akan segera sampai di rayon-rayon,” kata Wakil Ketua II PK PMII Liga, Dimas Prayoga saat dikonfirmasi jurnalis RF, Rabu (19/02).

Dikatakan, bidang dua menetapkan konsep baru yang berbeda antara SPD dengan Sekpol tahun sebelumnya. “SPD ini akan digelar 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama akan diselenggarakan besok Senin tanggal 24 Februari 2020 di Second Peace Coffee, Malang,” terangnya.

Pertemuan pertama, kata Dimas, akan ada dua materi, yaitu (1) Pengantar Politik, dan (2) Mapping dan Antropologi kampus. Pertemuan kedua, juga ada dua materi, yakni (1) Media, Agitasi dan Propaganda, dan (2) Politik Advokasi dan Teknik Lobbying. Pertemuan terakhir, kader Liga akan disajikan materi Ideologi Politik, Strategi, dan Gerakan.

“Sasaran program kerja SPD ini adalah anggota PMII Komisariat Liga, khususnya yang menjadi pengurus rayon di Biro Hubungan Organisasi atau eksternal dan yang aktif di intra,” tegasnya.

Kata Dimas, SPD ini membawa tema yang kongkrit, yakni “Peran PMII dalam Revitalisasi Politik Demokrasi di Kampus”.

“Besar harapan kami, para anggota rayon akan antusias mengikuti kegiatan ini. Dalam kaderisasi non formal ini, sertifikat SPD akan diberikan kepada anggota atau kader yang mengikuti tiga kali berturut-turut ,” pungkasnya.

Dari rilis panitia, SPD volume satu akan menghadirkan Ketua PMII Cabang Kota Malang Periode 2013-2015 Habiburrohman E. S. sebagai pemateri Pengantar Politik dan Wakil Presiden Mahasiswa BEM UM 2018 Ahmad Fahmil Aziz sebagai pemateri Mapping dan Antropologi kampus. Sedangkan pertemuan kedua dan ketiga akan diinformasikan lebih lanjut. (mrg/sd)

Ilustrasi: diniapost.com