“Mengenal Lebih Dekat Omek !!!”

  • Share
WhatsApp Image 2024 07 27 at 15.12.25 1

Mahasiswa sebagai agen perubahan memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan kampus yang dinamis dan progresif. Salah satu wadah yang menjadi representasi dari aspirasi mahasiswa adalah Organisasi Mahasiswa Eksternal Kampus (OMEK).

Organisasi mahasiswa eksternal kampus merupakan entitas di luar kampus yang bergerak dalam mengadvokasi isu-isu mahasiswa serta turut aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Mereka memainkan peran penting dalam membawa suara mahasiswa ke tingkat yang lebih luas, baik dalam ranah kebijakan publik maupun sosial-budaya. Adapun OMEK yang ada di Universitas Negeri Malang seperti PMII, GMNI, KAMMI, HMI, IMM dan sebagainya.

PMII sendiri merupakan salah satu organisasi mahasiswa eksternal yang cukup berpengaruh di Universitas Negeri Malang. Didirikan dengan semangat keislaman, PMII berkomitmen untuk memberdayakan mahasiswa dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari akademis hingga kepedulian sosial.

Persebaran anggota dari PMII UM (Komisariat PMII Sunan Kalijaga) sendiri terbilang masif, terlihat dari persebarannya yang hampir ada di semua fakultas yang ada di Universitas Negeri Malang. Adapun nama tingkatan PMII dari setiap fakultas seperti Rayon PMII Ibnu Sina (FMIPA), Rayon PMII Al-Haddad (FT), Rayon PMII Al-Maturidi (FS), Rayon PMII Al-Biruni (FIS), Rayon PMII Ibnu Kholdun (FEB), Rayon PMII Al-Farisi (Psikologi), Rayon PMII Ibnu Nafis (FIK), Rayon PMII Al-Ghozali (FIP).

Mahasiswa yang tertarik untuk berkontribusi dalam PMII UM dapat mengikuti beragam kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi ini. Beberapa kegiatan seperti adanya pelatihan kepimpinan sebagai penunjang potensi kepemimpinan seorang mahasiswa, diskusi dan seminar sebagai peningkatan nalar kritis serta kesadaran sosial mahasiswa, bakti sosial dan lain sebagainya.

Untuk memberikan perspektif yang lebih dalam mengenai pengalaman berorganisasi di PMII UM, penulis telah melakukan wawancara dengan beberapa stakeholder, termasuk alumni pengurus dan anggota aktif. Mereka membagikan pengalaman mereka dalam berorganisasi, tantangan yang dihadapi, serta dampak positif yang mereka rasakan dari keterlibatan di PMII.

PMII di Universitas Negeri Malang bukan hanya sebuah organisasi mahasiswa, tetapi juga merupakan wadah untuk mengembangkan diri dan berkontribusi pada masyarakat. Melalui berbagai kegiatan dan pengalaman yang diperoleh, PMII UM terus menjadi bagian penting dalam perjalanan mahasiswa menuju masa depan yang lebih baik.

  • Share
Exit mobile version