Merasa Stress dan Bosan Saat Dirumah Saja? Yuk Intip Tips Variasi Kegiatan Sebagai Solusi Stres dan Kebosanan Selama Pembejalaran Daring dan Bekerja Dirumah (Work From Home)


Oleh Dian Safitri

Kita akan cenderung merasakan adanya ketidaknyamanan ketika menerima perubahan lingkungan yang berlebihan atau berlebihan dan kurang mengenakkan seperti saat ini kan? Seperti anjuran #dirumahsaja, adanya PSBB, terganggunya kegiatan akibat adanya pandemi corona. Sejatinya, kita sebagai manusia akan mencari perubahan yang bersifat tidak berlebihan maupun kekurangan. Saat ini berbagai negara telah menerapkan sistem pembelajaran daring/online. Hal ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas. Namun, ternyata pembelajaran daring ini menimbulkan permasalahan tersendiri, yaitu tingkat stres pada pelajar dan mahasiswa meningkat.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima pengaduan sejumlah orangtua siswa yang mengeluhkan tugas-tugas yang dibagikan guru kepada anak-anak mereka secara daring (online). Anak-anak justru stress karena mendapatkan berbagai tugas setiap hari dari gurunya, bukan hanya anak-anak sekolah SD, SMP, SMA saja namun juga mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Rasa bosan dengan system belajar yang sedang dijalani saat ini juga sering mengampiri mereka. Rasa bosan tersebut dipicu kurangnya kreativitas sistem pembejalaran daring yang diterapkan pemerintah. Stres ini menunjukkan bahwa perubahanyang diberikan berupa tugas, telah melebihi batas para siswa yang mengalami stres dan bosan. Tidak hanya pelajar, pekerja swasata maupun negeri yang melakukan pekerjaan dirumah (Work From Home) juga merasan stress dan kebosanan.

Peristiwa stres dan kelelahan pada pelajar ini dapat dikaji dengan Teori Adaptasi Lingkungan dari Wohlwill dimana terdapat tiga dimensi yang menjadi tolak ukur apakah sebuah perubahandapat dikatakan optimal atau tidak, yaitu:

  1. Intensitas, banyak sedikitnya tugas yang diberikan.
  2. Keragaman, variasi kegiatan yang dilakukan selama masa pandemi.
  3. Pola kebiasaan baru yang dilakukan tanpa persiapan.

Lalu, apa yang harus kita lakukan selama masa pandemi agar tidak bosan dan stress? Kita sebagai pelajar maupun pekerja aktif yang melakukan WFH dapat melakukan kegiatan yang lebih bervariasi (strategi coping) agar tidak monoton, kegiatan ini dapat berupa:

  1. Menonton film.
  2. Bermain games
  3. Berbincang dengan teman dan keluarga (talk with friends and family).
  4. Mendengarkan music
  5. Menjelajahi internet positif
  6. Olahraga
  7. Membaca buku.

Hal ini bukan hanya dilakukan oleh pelajar dan pekerja saja loh, orangtua juga harus ikut serta mendukung kegiatan anak-anak dirumah. Jadi, mari memanfaatkan waktu saat #dirumahsaja dengan baik dan terhindar dari rasa stress dan bosan. Semoga bermanfaat!!!


Penulis adalah Wakil Ketua Rayon PMII Al – Farisi 2019