oleh Fitrah Izul Falaq


Cuplikan Video Dokumenter PMII Kota Malang

Dalam peringatan Harlah PMII yang Ke-60, Kyai H. Munsif Nahrowi diakhir sesi menyebutkan bahwa ada salah satu pendiri yang masih belum tercatat dalam arsip sejarah, yaitu Abdullah Alwi Murtadlo perwakilan Jakarta asal Singosari. Kyai A.A. Murtadlo diketahui masih satu keluarga dengan H. Said Budairy, salah satu dari 13 Pendiri PMII. Beliau adalah putra KH. Alwi Murtadlo atau yang akrab dipanggil Kyai Alwi Singosari.

Tak sedikit kader bertanya akan kebenaran informasi tersebut. Setahun setelah itu, sebagai ikhtiar mengumpulkan kepingan sejarah, kepengurusan yang dinahkodai Sahabat Sena Kogam M.N.V.I mewariskan Dokumenter Sejarah PMII Kota Malang. Film berdurasi tiga puluh delapan menit tersebut menceritakan perjalanan panjang PMII Kota Malang melalui wawancara sejumlah tokoh. Video ini juga melengkapi catatan nama ketua PC PMII Kota Malang dari masa-kemasa.

Kyai Syahid Wiyoto, Ketua Ke-Tiga PC PMII Kota Malang, dalam video tersebut menyebutkan bahwa salah satu pelopor berdirinya PMII Kota Malang masih hidup. Dokumen sejarah mencatat Ketua PC PMII Kota Malang pertama bernama Abdul Karim. Menakjubkannya, beliau merupakan adik dari KH. Bashori Alwi Murtadlo (Singosari, Malang) dan A.A. Murtadlo, Pendiri ke-14 PMII yang pertama kali dikenalkan pada acara diskusi dalam jaringan (daring) memperingati harlah PMII bertajuk “Tausiah Pergerakan 3 Pendiri PMII”, Sabtu (18/04/2020).

Semasa muda, eyang Abdul Karim berkuliah jurusan Sastra Inggris di Perguruan Tinggi Pendidikan Guru  (berganti IKIP, sekarang UM). Kecapakan beliau dalam mengusai bahasa inggris mengantarkannya menjadi Staff Khusus MPR RI 1970, Dosen STAN 40 Tahun, dan tutor di Lembaga Indonesia Amerika (LIA). LIA adalah lembaga yang dirintis oleh USIS (Kedutaan Amerika) pada tahun 1959, terkenal sebagai penyelenggara kursus bahasa Inggris yang sangat bermutu. Beliau sekarang tinggal bersama keluarga di Sukun, Kota Malang.

Silaturahim ke Rumah Eyang Abdul Karim Alwi Murtadlo

Sebenarnya, penulis telah bertemu beliau ketika menjadi pengurus komisariat tahun 2020 lalu. Namun, barulah yakin setelah Ketua Umum Terpilih, Sahabat Sai Yusuf memperkenalkan beliau kepada kami sebagai ketua pertama PC PMII Kota Malang.

Salah satu merawat ingatan adalah mengabadikannya melalui serangkain cerita, arsip, video, dan beberapa dokumen. Membicarakan sejarah tentu tidak ada habisnya. Tulisan ini sebagai bentuk komitmen untuk menjaga ingatan dan merekam peristiwa sejarah. Tentu akan terus diperbaiki hingga ada sumber primer yang lebih akurat.


*Penulis adalah Ketua Komisariat PMII Sunan Kalijaga Periode 2019 – 2020


Bahan Bacaan

Biografi KH. Alwi Murtadlo (1)
https://www.nu.or.id/post/read/119438/aa-murtadho–deklarator-pmii-yang-sempat-terlupakan https://jatim.nu.or.id/read/kh-abdullah-alwi-murtadlo–pendiri-pmii-yang-tercecer https://alif.id/read/hamzah-sahal/m-said-budairy-dari-mendirikan-pmii-hingga-aktivis-mui-b224223p/