Peringatan maulid nabi & hari santri nasional

PMII LIGA – menggelar acara peringatan maulid nabi & hari santri sebagai wujud implementasi rasa kasih sayang kepada baginda nabi Muhammad SAW sekaligus mengingat jatidiri sebagai umat nabi Muhammad SAW, karena tak luput dan tak lupa sebagai santri dan juga kader PMII harus mengikuti amaliyah-amaliyah ahlussunnah wal jamaah, salah satu bentuknya adalah hubbullah wa rasul (mencintai Allah dan Rasul).

Peringatan ini digelar di kampus 2 Universitas Negeri Malang (Sawojajar, Malang) pada hari kamis, 21 Oktober 2021 dengan serangkaian acara maulid diba’ dilanjut dengan mauidoh hasanah oleh Ustad Zain Sholihin dan tentunya ditutup dengan doa bersama.

Di dalam peringatan tersebut, Ustad Zain mengajak waga PMII, terkhusus di LIGA untuk terus melantunkan sholawat sebagai wujud rasa cinta umat nabi Muhammad kepada Rasulullah, beliau mengingatkan bahwa umat nabi Muhammad adalah umat terbaik. “Umat nabi Muhammad adalah umat terbaik, sebagai umat terbaik kita harus terus melakukan hal-hal kebaikan dan terus tunjukkan sebagai umat yang terbaik. Dengan bersholawat, kita dapat mengingat kebaikan-kebaikan Rasulullah dan kita patut meneladaninya” (disampaikan pada saat mauido hasanah)

Selain itu, saat mauidoh hasanah beliau menyampaikan agar kita tetap ingat bahwa kita merupakan santri. “Terlepas kita merupakan mahasiswa kampus umum bukan berbasis islam. Secara tidak langsung kita semua adalah santri, karena kita juga meneladani ulama-ulama aswaja terdahulu yang terus bersambung kepada Rasulullah” ungkapnya.

“Bagaimana cara seorang mahasiswa meneladani Rasulullah SAW, salah satu caranya adalah ta’dimul ilmi” ungkap Ustad Zain kepada majelis, tadi malam (hari kamis). Sebagai santri yang berkuliah beliau menyampaikan cara agar kita tetap bisa meneladani Rasulullah adalah mengagungkan ilmu atau ta’dim kepada ilmu. Dengan ta’dimul ilmi minimal menghargai ilmu, “kita semoga diakui sebagai umat Rasulullah dan mendapat syafaatnya kelak di akhirat nanti” doa dan harapan beliau.

Tangan terkepal dan maju kemuka. Selamat Hari Santri Nasional.

Pewarta : Bidang Keagamaan PMII LIGA